Pengertian dan Jenis Tuas/Pengungkit

Hai sobat? Apa yang akan kamu lakukan jika kamu ingin menarik menarik paku yang tertancap di kayu? Kamu akan mengambil alat seperti tang ataupun palu yang memiliki fungsi mencatut paku. Alat tersebut merupakan salah satu jenis tuas atau pengungkit yang memudahkan pekerjaan manusia di berbagai hal. Apakah pengertian tuas dan apa saja kelebihan tuas? Berikut pembahasannya

Pengertian tuas atau pengungkit

Tuas atau pengungkit merupakan alat yang terdiri dari sebuah batang yang dapat memantu meringankan beban di sekitar titik tumpu.

Tuas atau pengungkit merupakan salah satu jenis pesawat sederhana yang dapat memudahkan pekerjaan manusia, karena dapat memperkecil usaha yang diberikan. Baca apakah pesawat sederhana itu?

Cara kerja tuas adalah dengan memberikan usaha di ujung tuas dengan cara mengungkit. Dengan cara ini, maka ujung tuas yang lain akan terdorong ke atas.

Sebagai contoh adalah gambar dibawah. Jika titik A didorong ke bawah, maka titik B akan naik ke atas. Titik A dinamakan dengan titik kuasa (titik yang digunakan untuk melakukan usaha) dan titik B dinamakan titik beban (titik sebuah beban diberikan). Sedangkan titik C dinamakan dengan titik tumpu (titik sebuah tuas untuk menumpu).

pengertian tuas atau pengungkit dan jenis-jenis tuas atau pengungkit

Dalam konsep pengungkit, massa beban berbanding terbalik dengan massa kuasa. Sehingga didapatkan massa beban dan massa kuasa dengan panjang lengan beban dan kuasa menjadi berbanding terbalik. Maka didapatkan rumus:

rumus tuas jenis pertama, tuas jenis kedua, dan tuas jenis ketiga

Dengan menggunakan pengungkit, maka usaha yang butuhkan untuk memindahkan beban menjadi sedikit.

Perbedaan antara beban kuasa yang diangkat inilah yang disebut dengan keuntung mekanis

Baca juga artikel berikut

Jenis-jenis Tuas atau Pengungkit

Pengungkit Jenis Pertama

Pengungkit jenis pertama adalah jenis pengungkit yang titik tumpunya berada di antara titik beban dan titik kuasa. Jika jarak antara titik tumpu dengan titik beban semakin dekat, maka besar nilai keuntungan mekanis akan semakin besar. Contohnya: palu dan tang.

pengertian pesawat sederhana tuas jenis 1, tuas jenis pertama, pengungkit jenis pertama
pengungkit jenis pertama

Pengungkit Jenis Kedua

Dinamakan pengungkit jenis kedua jika titik beban berada di antara titik tumpu dan titik kuasa. Contohnya: stapler dan pencabut paku.

Jenis-jenis pesawat sederhana tuas jenis 2, tuas jenis kedua, pengungkit jenis kedua
Pengungkit jenis kedua

Pengungkit Jenis Ketiga

Dinamakan pengungkit jenis ketiga jika titik kuasa berada di antara titik beban dan titik tumpu. Contohnya: pisau dan pemotong kertas.

Pesawat Sederhana tuas jenis 3, tuas jenis ketiga, pengungkit jenis ketiga
Pengungkit jenis ketiga

Cukup mudah bukan penjelasan mengenai tuas/pengungkit? Kamu juga bisa menyebutkan beragam contoh alat lain yang digunakan untuk mempermudah pekerjaan sehari-hari. Selamat belajar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *