Pengertian, Jenis, dan Sifat Fluida

Hai sobat, pernahkah kamu memperhatikan mengapa kompor minyak tanah dapat menyala? Hal ini dikarenakan adanya sumbu yang dapat menghisap minyak tanah, sehingga ketika sumbu diberi api, kompor bisa digunakan. Peristiwa ini dikarenakan sifat minyak tanah yang digolongkan sebagai fluida. Simak terus penjelasannya.

Pengertian Fluida

Fluida merupakan kelompok zat yang dapat mengalir. Kelompok zat yang digolongkan fluida adalah zat cair dan zat gas. Sedangkan untuk zat padat tidak dapat digolongkan sebagai fluida dikarenakan zat padat memiliki bentuk yang tetap dan tidak dapat mengalir.

Fluida menjadi bagian yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini dikarenakan dengan adanya fluida manusia dapat bernapas karena menghirup udara dan meminum air.

Begitu pula dengan perkembangan teknologi masa kini. Dengan adanya konsep fluida, maka pesawat terbang dapat melaju di udara dan kapal laut dapat terapung di permukaan laut.

Jenis Fluida

Fluida Statis

Fluida yang dalam keadaan diam atau fluida yang dalam keadaan bergerak, tetapi tidak ada beda kecepatan antar partikel karena tidak adanya gaya gesek. Contoh, air di bak.

Fluida Dinamis

Fluida yang dapat bergerak. Dalam hal ini fluida dianggap memiliki kecepatan konstan (steady), tidak mengalami perubahan waktu, tidak kental, dan tidak mengalami putaran.

Baca juga

Sifat Fluida

Untuk memudahkan mengetahui sifat fluida, maka fluida harus dalam keadaan diam.

Massa Jenis

Ukuran massa tiap satuan volume sebuah benda dinamakan dengan massa jenis. Setiap zat memiliki massa jenis yang berbeda.

Hal ini dikarenakan massa jenis digunakan untuk menentukan jenis suatu zat. Satuan yang digunakan adalah m/s3. Baca artikel wujud zat dan massa jenis

Tegangan Permukaan

Disebabkan karena adanya interaksi molekul zat cair di permukaan.

Kapilaritas

Beberapa peristiwa dalam kehidupan sehari-hari dapat menunjukkan peristiwa kapilaritas. Contohnya adalah kompor minyak tanah. Naiknya minyak tanah ke dalam sumbu merupakan salah satu contoh kapilaritas.

Viskositas

Pengukuran ketahanan fluida terhadap tekanan dan tegangan disebut viskositas. Viskositas juga disebut dengan ketebalan atau pergesekan. Contohnya, air memiliki viskositas rendah dan madu memiliki viskositas tinggi.

pengertian fluida, sifat fluida, dan jenis fluida

Tekanan Hidrostatis

Tekanan hidrostatis merupakan tekanan yang berada di bawah permukaan air. Hal ini disebabkan oleh fluida tak bergerak.

Demikian penjelasan mengenai fluida. Sobat bisa menyebutkan lagi beberapa peristiwa dalam kehidupan sehari-hari yang menggunakan konsep ini. Selamat belajar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.