Pengertian Dan Jenis Pembelahan Sel

Pengertian Pembelahan Sel

Sobat, salah satu ciri makhluk hidup adalah mengalami pertumbuhan dan perkembangan. Untuk dapat tumbuh dan berkembang, tubuh akan mengalami yang namanya pembelahan sel.  Pembelahan sel merupakan proses bertambah banyaknya sel atau bisa juga dinamakan dengan reproduksi sel.

Selain untuk pertumbuhan dan perkembangan, reproduksi sel juga bertujuan untuk mengganti sel yang rusak, berkembang biak, dan untuk mengembangkan variasi individu baru. Pembelahan sel merupakan peristiwa alamiah yang akan berpengaruh pada kelangsungan hidup suatu organisme.

Baca juga

Jenis Pembelahan Sel

Ada tiga macam pembelahan sel yang ada dalam tubuh, yaitu amitosis, mitosis, dan meiosis.

Jenis Pembelahan Sel, pengertian pembelahan sel

Amitosis

Amitosis merupakan proses pembelahan sel secara spontan yang biasanya terjadi pada organisme prokariotik atau hewan bersel satu (uniseluler). Tujuan dari amitosis adalah untuk memperbanyak diri atau bereproduksi.

Pada pembelahan amitosis, pembelahan inti terjadi tanpa membentuk benang spindel, kromosom, peleburan membran inti. Inti kemudian berkembang menjadi dua bagian, dimana inti sel langsung ditransfusikan pada sel anakan. Sehingga hasil dari pembelahan amitosis sel anak akan memiliki sifat yang sama persis dengan sel induk.

Baca juga Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

Mitosis

Pembelahan mitosis merupakan pembelahan secara tak langsung, karena sebelum pembelahan inti sel didahului dengan pembentukan kumparan kromosom. Pembelahan mitosis ini biasanya terjadi pada sel somatik dan sel nutfah. Hasil dari pembelahan mitosis akan menghasilkan dua sel anak yang sifat dan jumlah kromosom yang sama dengan sel induk.

Ada 4 fase pembelahan pada pembelahan mitosis:

Profase

Pada tahap profase, maka benang kromatin akan memendek dan menebal menjadi kromosom. Kromosom mengadakan replikasi menjadi kromatid. Pada sel hewan, sentriol akan memisah. Dan diakhiri dengan menghilangnya membran inti.

Metafase

Pada fase ini, kromosom akan berjalan mendekati bidang equator pembelahan.

Anafase

Anafase disebut juga tahap pembelahan ini. Tahap anafase ditandai dengan sentromer membelah dan kromatid menuju kutub yang berlawanan.

Telofase

Pada tahap telofase, kromaid sudah sampai di kutub berlawanan. Benang spindel menghilang dan nukleolus muncul. Di sini pula membran inti terbentuk dan lekukan sel membentuk dua sel berbeda.

Meiosis

Meiosis merupakan pembelahan sel pada alat reproduksi dimana sel kromosom dibagi menjadi dua. Pembelahan meiosis disebut juga dengan pembelahan reduksi karena jumlah kromosom anak setengah dari jumlah kromosom indukan. Yang berbeda dari pembelahan meiosis adalah pembelahan terjadi dua kali secara berturut-turut (meiosis I dan meiosis II) tanpa mengalami fase istirahat.

Selain mengurangi jumlah kromosom, pembelahan meiosis juga membentuk gonad/gametogenesis dan membentuk zigot dari pertemuan dua sel gonad. Pada pembelahan meiosis, maka sel anak yang dihasilkan tidak akan memiliki kemampuan lagi untuk membelah dan biasanya terjadi mulai masa pubertas.

Meiosis I

Profase I
  • Leptonema : menebalnya benang kromatin dan menjadi kromosom
  • Zigonema: tiap kromosom bergandengan (bivalen)
  • Pakinema: membentuk tetrad
  • Diplonema: terjadi pindah silang
  • Diakinesis: kromatid berjauhan, sentriol bergerak ke kutub yang berlawanan.
Metafase I

Tetrad berada di bidang metafase.

Anafase I

tetrad memisahkan diri ke kutub berlawanan.

Telofase I

tetrad mendekati kutub, membran inti dan nukleoplasma muncul, terbentuk dua sel anak yang jumlah kromosomnya sama dengan sel induk.

Meiosis II

  • Profase II: terbentuk 2 sentriol, nukleoplasma dan nukleus hilang, kromatin berubah menjadi kromosom.
  • Metafase II: kromatid berkelompok dan kromosom ada di bidang equator
  • Anafase II: tetrad memisahkan diri dan menuju kutub berlawanan.
  • Telofase II: kromatid menjadi kromatin, nukleoplasma dan nukleus muncul, terbentuk 4 sel yag masing-masing memiliki setengah kromosom.

Baca juga

Penjelasan perbedaan mitosis dan meiosis berikut akan menambah pemahamanmu.

mitosis dan meiosis

Cukup jelas bukan penjelasan mengenai pembelahan sel? Semoga kamu bisa paham. Selamat belajar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.