• Home
  • /
  • Fisika
  • /
  • Pengertian dan contoh soal gravitasi

Pengertian dan contoh soal gravitasi

Buah apel memiliki dampak besar bagi peradaban manusia di bumi. Karena berkat apel, seorang ilmuwan jenius bernama Sir Isaac Newton berhasil menemukan rumus Fisika yang begitu monumental. Berawal dari rasa ingin tahu kenapa buah apel selalu jatuh dari pohonnya, Newton memperoleh fakta bahwa benda dengan massa lebih kecil bakal cenderung tertarik dengan massa lebih besar yang dikenal sebagai gravitasi.

Kejadian itu dikarenakan gaya tarik apel terhadap bumi jauh lebih kecil daripada gaya tarik bumi terhadap apel.

Hal ini kemudian menghasilkan Hukum Gravitasi Newton yang berbunyi:

Setiap benda menarik benda lain dengan gaya yang sebanding dengan perkalian massa-massa dan berbanding terbalik dengan kuadrat jarak kedua titik benda.

Atau jika dituliskan dalam rumus supaya sobat lebih paham, maka jadi seperti ini:

rumus gravitasi - pengertian gravitasi dan contoh soal gravitasi, hukum gravitasi Newton

Untuk G, kadang juga disebut sebagai tetapan gravitasi, merupakan tetapan empiris yang nilainya sudah pasti. Digunakan secara internasional, besaran G adalah 6,67 x 10-¹¹ Nm²/kg².

Baca juga

Contoh Soal Hukum Gravitasi Newton

Supaya semakin paham sebuah rumus, maka sobat harus mencoba mengerjakan soalnya terlebih dulu.

Berikut ini ada dua soal yang bisa dipelajari supaya sobat makin paham penerapan hukum gravitasi Newton dalam kegiatan sehari-hari:

1. Berapa besar gaya tarik antara dua orang bocah perempuan dengan massa masing-masing 40 kg dan 30 kg. Di mana mereka berdua berdiri pada jarak dua meter. Jika dihitung dengan rumus di atas, akan memperoleh perhitungan sebagai berikut ini:

pengertian dan contoh soal gravitasi

Berapa besar gaya tarik antara bumi dan bulan jika diketahui massa bumi (mB) = 5,97×1024 kg sementara massa bulan (mb) = 7,35×1022 kg. Dan jarak pusat antara bumi dan bulan (r) adalah 3,84×108 meter. Maka kalau dihitung menggunakan rumus menjadi:

pengertian gravitasi dan rumus gravitasi

Bagaimana? Ternyata tidak sulit bukan untuk menghitung besaran gaya tarik antar benda dengan massa yang berbeda? Kedua soal yang sudah dijabarkan adalah sebuah pembuktikan kalau Fisika sangat menyenangkan dan tidak sulit untuk sobat pahami. Jadi, mau hitung gaya tarik benda mana hari ini?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *