5 Cara Menghilangkan Bau Amis Ikan Secara Ampuh

Siapa sih yang suka akan bau amis ikan? Rasanya tidak ada satupun yang menyukai bau amis yang sungguh menyengat tidak mengenakkan tersebut. Meskipun rasa ikannya enak, semua orang tidak akan tahan mencium bau amisnya yang menyengat. Nah, berikut ini kita akan membahas mengenai cara menghilangkan bau amis ikan secara ampuh dan dapat kamu buktikan sendiri di rumah.

Mengapa Ikan Berbau Amis?

mengapa ikan berbau amis

Ikan pada dasarnya tidak berbau amis saat baru ditangkap dalam keadaan fresh dan benar-benar segar. Setelah keluar dari air pun sebenarnya ikan tidak memiliki bau amis yang sangat menyengat. Lalu mengapa ikan bisa berbau amis? Ikan berbau amis karena mereka memakan ikan-ikan yang ukurannya lebih kecil dari mereka. Dari sanalah bau amis tersebut tercipta.

Untuk menghindari bau amis yang ada di dalam ikan, sobat-sobat sekalian bisa mengakalinya dengan cara langsung membersihkan kotoran yang ada di perut ikan ketika baru membelinya. Beda lagi jika ikan berbau amis yang berasal dari zat amonia yang telah terurai, sobat sekalian bisa menggunakan perasan jeruk lemon untuk menghilangkan baunya.

Rahasia Cara Menghilangkan Bau Amis Ikan Ampuh

Ada banyak cara untuk menghilangkan bau amis ikan yang sangat menyengat hingga menyebabkan mual di perut. Untuk itu simak baik-baik ya ulasan tentang cara menghilangkan bau amis ikan secara ampuh berikut ini:

Menggunakan Cuka

Cara menghilangkan bau amis ikan yang bisa kamu coba pertama yaitu dengan menggunakan cuka. Air cuka yang berwarna putih sangat ampuh untuk mengurangi bau amis yang ada pada ikan. Pada dasarnya bau amis yang ada pada ikan tersebut bersifat basa, maka bisa dinetralisirkan dengan menggunakan cuka yang mana bersifat asam.

Namun jangan terlalu banyak untuk menggunakan cuka dalam menghilangkan bau amis yang ada pada ikan. Selain dapat menghilangkan kandungan gizi pada daging ikan, hal tersebut juga bisa menghilangkan rasa dari ikan itu sendiri.

Baca juga

Menggunakan Lemon

Yang kedua yaitu dengan menggunakan air perasan lemon. Hal ini memang sudah menjadi rahasia umum bagi seluruh masyarakat. Kandungan yang terdapat pada lemon memang dipercaya mampu menghilangkan bau amis. Namun agar rasa ikan tidak berubah menjadi rasa lemon, sebaiknya kamu mencuci ikan kembali sebelum memasaknya.

5 Cara Menghilangkan Bau Amis Ikan Secara Ampuh

Menggunakan Jahe

Cara menghilangkan bau amis ikan selanjutnya yaitu dapat menggunakan jahe. Ya, jahe memang dipercaya dapat menghilangkan bau yang tidak sedap dalam makanan. Selain bisa menghilangkan aroma amis, jahe juga dapat menambah masakan kamu menjadi lebih sedap. Untuk memasaknya tidak perlu dihaluskan, cukup memarkan jahe sudah membuat masakan tampak lebih sedap.

Menggunakan Daun Jeruk

Tidak hanya kulit dan buahnya saja yang bermanfaat menghilangkan bau amis pada ikan. Daun jeruk juga dipercaya dapat menghilangkan bau amis pada ikan. Cara menggunakannya juga cukup mudah, daun jeruk di rebus menggunakan air lalu air rebusan tersebut digunakan untuk mencuci ikan amis tersebut. Wow sangat mudah bukan?

Menggunakan Buah Apel

Cara menghilangkan bau amis ikan yang terakhir yaitu bisa dengan menggunakan buah apel. Bagaimana caranya? Iris buah apel tipis-tipis lalu campurkan ke dalam minyak goreng yang juga untuk menggoreng ikan. Jika apel sudah tampak layu kamu bisa meniriskannya. Hal tersebut juga bisa kamu lakukan ketika merebus ikan yang berbau amis.

Baca juga

Nah, itu tadi adalah rahasia cara menghilangkan bau ikan amis secara ampuh dan dapat kamu coba satu per satu. Kini sobat sekalian sudah tidak bingung lagi kan jika mendapati ikan yang berbau amis? Semoga bermanfaat….

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.