Memahami Teori Relativitas

Apa yang sobat bayangkan jika mendengar kata bom atom? Nah, di abad ke-20 ditemukan sebuah teori fisika modern yang dinamakan teori relativitas. Apakah pengertian teori relativitas? Berikut penjelasannya.

Pengertian Teori Relativitas

Merupakan sebuah teori yang dikemukaan oleh Albert Einstein di awal tahun 1900-an. Teori relativitas dikategorikan sebagai teori fisika modern, yang juga beriringan dengan ditemukannya radioaktif oleh Currie. Relativitas merupakan sebuah teori gerak benda yang tergantung pada pandangan pengamat.

Temuan Einstein menjadi fenomenal, karena teori ini banyak dimanfaatkan untuk kehidupan manusia. Salah satu pemanfaatannya adalah untuk bahan dasar pembuatan senjata atom dan teknologi nuklir.

Rumus e=mc2 merupakan salah satu rumus yang terkenal dan dimanfaatkan untuk pembuatan bom atom. Dimana e merupakan energi, m adalah massa, dan c adalah kecepatan cahaya. Massa merupakan bobot dari suatu benda, tetapi karena adanya pengaruh kecepatan cahaya, massa benda akan diubah menjadi energi yang lebih besar. Sehingga dalam teori relativitas terkandung penciptaan energi besar dengan menggunakan sedikit massa.

Teori ini merujuk pada dua elemen, yaitu relativitas umum dan relativitas khusus.

Relativitas khusus sudah diperkenalkan terlebih dahulu sebelum ditemukannya relativitas umum dari beberapa peristiwa yang lebih luas.

Baca juga

Relativitas Khusus

Einstein mengemukakan adanya dua postulat, yaitu:

  1. Hukum fisika dinyatakan persamaan yang sama dalam semua kerangka acuan. Kerangka bergerak menggunakan kecepatan tetap, meski diamati dalam keadaan bergerak.
  2. Kecepatan cahaya dalam ruang hampa/udara adalah 3 x 108 ms-1.

Relativitas khusus ini menyatakan adanya dilatasi waktu, yaitu jam berjalan lebih cepat menurut pandangan pengamat, baik dalam keadaan diam atau bergerak.

Teori ini secara tidak langsung sudah menerapkan konsep waktu mutlak dan diam mutlak.

Relativitas Umum

pengertian teori relativitas umum dan relativitas khusus
Adanya gravitasi, kemudian Einstein menyadari dalam teorinya tersebut harus memasukkan gravitasi untuk perubahan yang lainnya. Konsep ini dinamakan dengan relativitas umum. Dimana perbedaannya berbeda dengan konsep gravitasi Newton.

Konsep gravitasi ini didasarkan bahwa ruang-waktu bukan konsep yang datar, tetapi melengkung karena telah terdistorsi oleh massa dan energi yang ada.

Adanya teori relativitas menjadi cikal bakal terbentuknya berbagai perubahan teknologi modern yang banyak dimanfaatkan manusia. Nah sobat, dari penjelasan di atas sudah terbayang bukan dahsyatnya sebuah teori ini?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *