Sudahkah Kamu Memahami Pengertian Ion?

Sobat, apa yang ada di pikiranmu ketika mendengar kata ion? Nah, bagi kamu yang penasaran tentang pengertian ion, di bawah ini akan ada penjelasan mengenai ion dan contoh peristiwanya.

Pengertian Ion

Ketika teori atom diperkenalkan pertama kalinya oleh Dalton, atom merupakan partikel yang tidak dapat dibagi lagi. Dari beberapa ilmuwan kemudian mengemukakan bahwa atom terdiri dari partikel dengan muatan yang dinamakan dengan ion.

Sudahkah Kamu Memahami Pengertian Ion?

Muatan elektron (e) yang disebut juga dengan muatan dasar merupakan jumlah muatan terkecil dalam atom. Biasanya dalam muatan ion terdiri dari muatan dasar, sehingga penulisan muatan ion dituliskan dalam satu angka atau kelipatannya.

Sudahkah Kamu Memahami Pengertian Ion?

Logam yang memiliki ion positif dinamakan dengan kation. Sedangkan ion unsur yang sebagian besar bukan non logam memiliki ion negatif atau disebut dengan anion. Jika atom bermuatan netral, berarti jumlah muatan negatif sama dengan jumlah muatan positifnya. Hal ini dapat terjadi karena saat atom berubah menjadi ion saat melepaskan dan menerima elektron.

Dari pengertian ion tersebut, ion dapat saling tarik-menarik karena adanya suatu gaya. Sehingga ion berkumpul menjadi satu dan terbentuklah senyawa. Senyawa yang tersusun dari ion inilah yang kemudian sering disebut dengan senyawa ion.

Baca juga

Senyawa Ion

Ion yang berasal dari golongan IA atau logam alkali biasanya memiliki ion bermuatan satu. Contohnya, ion kalium (K+) dan ion natrium (Na+).  Untuk ion dari golongan non logam dpat diketahui berdasarkan letak unsur dalam sistem periodik. Untuk golongan halogen (VIIA) memiliki ion bermuatan negatif satu. Sedangkan untuk golongan VIA membentuk ion muatan dua dan golongan VA membentuk ion muatan negatif tiga.

Selain berasal dari monoatom, ion juga berasal dari gabungan dua unsur atau lebih dari atom unsur yang berbeda. Inilah yang dinamakan dengan poliatom. Contohnya, ion sulfat bermuatan negatif (SO4-).

Ada pula zat yang terdiri dari muatan netral yang dimiliki oleh sebuah ion. Hal ini dikarenakan adanya keseimbangan jumlah muatan positif dan negatif yang dimiliki oleh zat tersebut. Contohnya, natrium klorida (NaCl).

Nah itulah penjelasan mengenai pengertian ion yang bisa kamu pelajari. Dengan memahami penjelasan di atas akan mempermudah kamu untuk mempelajari beragam reaksi kimia yang ada di sekitarmu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *