Pengaruh Manusia Terhadap Lingkungannya

Manusia hidup senantiasa berdampingan dengan lingkungan di sekitarnya. Tentu saja dalam hal ini manusia akan berinteraksi dengan lingkungan tersebut, begitupun sebaliknya. Bahkan, kegiatan dan aktivitas yang dilakukan oleh manusia mempunyai pengaruh dan dampak tersendiri terhadap lingkungan. Hal ini jarang disadari oleh manusia itu sendiri. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini akan diulas mengenai pengaruh manusia terhadap lingkungannya.

[ez-toc]

Pengaruh Penambangan Liar terhadap Lingkungan

pengaruh manusia terhadap lingkungannya

Aktivitas pertama manusia yang dapat berpengaruh kepada lingkungan adalah adanya penambangan secara liar. Seseorang yang melakukan penggalian bahan tambang secara liar dapat menyebabkan terjadinya kerusakan pada lapisan tanah.

Selain itu, kegiatan ini juga bisa menyebabkan terjadinya bencana seperti longsor dan sebagainya. Bahkan, akan ada pencemaran terhadap air laut untuk penambangan minyak.

Pengaruh Penebangan Liar dan Pembakaran Hutan terhadap Lingkungan

pengaruh manusia terhadap lingkungannya

Selain aktivitas penambangan secara liar, penebangan pohon dan pembakaran hutan secara liar juga memiliki pengaruh tersendiri kepada lingkungan. Adanya penebangan hutan secara liar bisa memunculkan erosi yang dapat memicu bencana tanah longsor dan banjir.

Selain itu, penebangan dan pembakaran hutan tersebut juga bisa merusak habitat dari hewan liar.

Pengaruh selanjutnya adalah dapat menyebabkan hewan serta tumbuhan tertentu menjadi punah. Hal ini disebabkan karena hewan menjadi kehilangan sumber kehidupan atau makanan mereka. Dan terakhir, hewan tersebut akan masuk ke kawasan perumahan warna guna menemukan makanan.

Pengaruh Pemburuan Hewan terhadap Lingkungan

Pengaruh manusia terhadap lingkungannya yang selanjutnya adalah dari kegiatan pemburuan hutan secara liar. Dampak utama dari kegiatan manusia ini adalah menyebabkan terjadinya kepunahan pada jenis hewan tertentu. Karena semakin diburu, populasi hewan tersebut akan habis.

Pengaruh berikutnya adalah menyebabkan rantai makanan yang ada pada ekosistem hidup menjadi tidak seimbang. Sehingga, kehidupan makhluk hidup menjadi kurang stabil.

Pengaruh Penggunaan Pestisida terhadap Lingkungan

Manusia juga kerap menggunakan pestisida untuk mengusir hama pada tanaman. Ternyata kegiatan ini juga menyebabkan dampak tersendiri untuk lingkungan berupa pencemaran. Pencemaran tersebut terjadi pada tanah dan air.

Hal ini disebabkan karena kandungan racun yang terdapat pada pestisida menyebabkan organisme yang hidup pada tanah dan air menjadi mati.

Baca juga

Pengaruh Pembangunan Pabrik terhadap Lingkungan

Selain beberapa kegiatan manusia di atas, ada juga kegiatan lain yang berpengaruh kepada lingkungan, yaitu pembangunan pabrik.

Di antara pengaruhnya adalah menyebabkan pencemaran terhadap udara karena adanya asap yang dihasilkan oleh proses produksi di dalam pabrik.

Kemudian limbah kimia yang dihasilkan oleh pabrik akan dapat mencemari tanah dan air jika tidak dikelola dengan baik oleh pihak perusahaan. Bahkan, ada kalanya pembangunan pabrik menyebabkan pengurangan terhadap jumlah hutan dan berbagai kawasan hijau yang lain. Sementara kurangnya penghijauan ini bisa meningkatkan terjadinya pemanasan global.

Selain beberapa dampak negatif yang dihasilkan oleh kegiatan manusia terhadap lingkungan, ada juga berbagai dampak positifnya yang juga bisa meningkatkan kelestarian lingkungan. Misalnya kegiatan penanaman hutan kembali atau reboisasi, pembersihan lingkungan dari berbagai sampah dan kotoran, pengolahan limbah pabrik secara benar dan berbagai kegiatan lain yang bisa melestarikan lingkungan.

Baca juga Pengertian dan Manfaat Bioteknologi

Mayoritas pengaruh manusia terhadap lingkungannya memiliki dampak yang negatif terhadap kondisi lingkungan itu sendiri. Sekalipun demikian, ada banyak juga aktivitas manusia yang memiliki dampak positif untuk kelestarian dan perbaikan lingkungan. Untuk menanggulangi terjadinya kerusakan pada lingkungan, maka dibutuhkanlah kesadaran bersama dari manusia itu sendiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *