Manfaat Ion dalam Kehidupan

Sobat, pastinya kamu sering mendengar iklan minuman isotonik di televisi. Nah, ternyata dalam pembuatannya membutuhkan beragam ion yang diperlukan tubuh. Lalu, apa saja manfaat ion dalam kehidupan kehidupan sehari-sehari? 

Senyawa ion merupakan terbentuknya senyawa karena ikatan ion antara dua unsur atau lebih. Hal ini dikarenakan adanya perbedaan tingkat keelektronegatifan yang tinggi. Tetapi ternyata adanya senyawa ion inilah dimanfaatkan oleh manusia dalam kehidupan sehari-hari. Baca Apakah Ion Itu?

Berikut beberapa contoh ion dalam kehidupan sehari-hari:

NaCl (Natrium Klorida)

Natrium klorida adalah senyawa ion yang terdiri dari Na+ (natrium) yang merupakan unsur logam dan Ca- (klorida) yang merupakan unsur nonlogam. Satu elektron unsur natrium akan ditarik oleh klorida dan terbentuk gaya elektrostatis, sehingga terbentuklah senyawa NaCl.

Manfaat Ion dalam Kehidupan

Natrium klorida merupakan senyawa dapur yang mempengaruhi salinitas laut dan cairan ekstraselular pada makhluk multiseluler. Selain digunakan sebagai garam dapur, NaCl juga bermanfaat untuk bumbu dapur dan pengawet makanan. Di bidang industri, NaCl juga berfungsi sebagai bahan melicinkan permukaan logam, menulenkan leburan logam, proses pembuatan sabun, dan untuk menghasilkan cahaya elektrik dalam pembuatan lampu wap natrium.

NaF (Natrium Florida)

Natrium florida atau biasa disingkat dengan NaF merupakan senyawa kimia yang terbentuk dari dua unsur, yaitu natrium (Na) dan florida (F). senyawa ini adalah senyawa yang mudah larut dalam air dan berbentuk padat tidak berwarna.

Dalam kehidupan sehari-hari, NaF sering ditambahkan ke dalam air mineral dan pembuatan produk untuk menjaga kesehatan gigi. Manfat florida sebagai ion dalam kehidupan kehidupan ini terkenal sebagai senyawa untuk memperkuat gigi dengan membentuk fluorapatit yang merupakan komponen enamel gigi.

CaCl2 (Kalsium Klorida)

Senyawa kalsium klorida merupakan senyawa yang tersusun dari kalsium dan 2 atom klorida. Dalam kehidupan sehari-hari, biasanya kalsium klorida digunakan pada air kolam renang yang biasanya disebut dengan kaporit. Penggunaan kalsium klorida ini bertujuan untuk mencegah korosif yang akan menyebabkan kerusakan struktur logam pada kolam.

Manfaat Ion dalam Kehidupan

CaCO3 (Kalsium Karbonat)

Senyawa kalsium karbonat terdiri dari 1 atom kalsium, 1 atom karbon, dan 3 atom oksigen. Biasanya senyawa ini dapat dijumpai pada jenis batu di dunia dan menjadi bahan aktif dalam kapur pertanian. Di bidang pengobatan, biasanya kalsium karbonat berfungsi sebagai antasida ataupun tambahan kalsium.

Selain itu, kalsium karbonat juga memiliki banyak kegunaan dalam bidang industri. Misalnya untuk pembuatan pulp kertas, bahan pembuat pasta gigi, bahan semen portland, dan untuk industri pembuatan pipa PVC.

KBr (Kalium Bromida)

Senyawa kalium bromina merupakan senyawa yang terdiri dari 1 atom kalium dan 1 atom bromida. Biasanya kalium bromida digunakan dalam industri kertas dan fotografi.

Baca juga

Ternyata pemanfaatan ion dalam kehidupan kehidupan cukup banyak ya sobat? Semoga penjelasan di atas dapat menambah khazanah ilmu pengetahuan kamu. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *