Memahami Konveksi, Konduksi, dan Radiasi

Segala hal yang terjadi di alam ini memang begitu istimewa dan luar biasa. Namun di masa lampau, kejadian luar biasa itu kerap disebut dengan peristiwa sihir. Salah satunya adalah momen di saat tiba-tiba sesuatu yang dingin mendadak menjadi panas.

Yang paling mudah adalah saat sobat sedang naik gunung dan duduk di depan api unggun, sejurus kemudian tubuh ikut hangat.

Apakah yang terjadi saat itu?

Apakah ada tenaga dalam masuk ke dalam benda mati atau tubuh dalam bentuk sensasi panas? Tidak. Fisika mengenalnya sebagai peristiwa konduksi, konveksi, dan radiasi.

Dalam ilmu Fisika, peristiwa konduksi, konveksi, dan radiasi itu adalah perpindahan energi kalor atau panas dari suhu yang lebih tinggi ke suhu yang lebih rendah.

Untuk satuan global/internasionalnya (SI) adalah Joule. Berikut ini penjelasan satu-persatu dan perbedaan masing-masing.

[ez-toc]

Konduksi

Secara umum, konduksi adalah perpindahan energi panas alias kalor melalui perantara zat padat. Hanya kalor yang berpindah, tidak disertai dengan partikel-partikel benda padat.

Beberapa contoh peristiwa konduksi sederhana seperti knalpot motor yang panas saat mesin menyala, tutup panci panas saat sobat masak air.

pengertian konduksi, konveksi, dan radiasi
perpindahan panas dengan cara konduksi

Benda-benda padat yang bisa menghantarkan panas disebut dengan konduktor seperti tembaga, besi, timah dan alumunium. Sementara benda yang tidak bisa menghantarkan kalor disebut isolator seperti plastik, kain, kayu, karet dan kertas.

Baca juga

Konveksi

Berbeda dengan konduksi, konveksi adalah perpindahan energi panas melalui zat yang ikut pindah. Biasanya terjadi pada medium zat cair atau gas baik udara dan angin.

Momen konveksi yang mudah dijumpai dalam kehidupan sehari-hari seperti terjadinya angin darat dan angin laut, balon udara yang mampu naik atau turun hingga merebus air.

pengertian konveksi, konduksi, dan radiasi

Radiasi

Berbeda dengan konduksi atau konveksi, radiasi adalah momen di mana panas berpindah tanpa zat perantara dan normalnya disertai cahaya.

Dalam kehidupan sehari-hari, peristiwa radiasi yang mudah dijumpai seperti saat tubuh sobat hangat di depan api unggun, peternak menetaskan telur unggas dengan lampu, pakaian kering saat dijemur hingga panas matahari yang sampai ke bumi lewat ruang hampa.

perpindahan panas dengan cara radiasi

Bagaimana? Sudah tahu bukan bedanya konveksi, kondukdi, dan radiasi? Jadi jangan bingung lagi saat menemukannya di sekitar sobat ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *