Konsep gerak lurus

Apa yang dimaksud dengan gerak?

Apa yang sobat ketahui tentang gerak? Ya, gerak merupakan perubahan posisi benda secara terus-menerus dengan adanya perubahan waktu. Di lihat dari lintasannya, gerak terbagi menjadi tiga, yaitu gerak lurus, gerak melingkar, dan gerak melengkung (parabola). Berikut penjelasan tentang gerak lurus yang bisa kamu pelajari.

Pengertian Gerak Lurus

Gerak lurus merupakan gerak suatu benda yang memiliki lintasan berupa garis lurus.

Pada sebuah benda yang bergerak, terjadi perubahan posisi benda dinamakan dengan perpindahan.

Perpindahan dapat diukur dari selisih antara posisi awal hingga posisi akhir benda. Dalam sebuah benda yang bergerak, terdapat kelajuan dan kecepatan.

Baca juga

Kelajuan merupakan perbandingan antara jarak yang ditempuh dengan waktu yang diperlukan untuk menempuh jarak benda. Sedangkan kecepatan adalah perbandingan antara jarak awal dan jarak akhir dibagi  dengan waktu.

Contoh: jika kamu ingin menuju kota B dan kota A. Pertama kamu menuju ke arah timur sepanjang 50 km, kemudian berpindah ke arah selatan sepanjang 20 km. Sedangkan waktu yang kamu tempuh adalah selama 70 sekon.

Maka kelajuannya = 50+2070 = 1

Sedangkan kecepatannya = 50-2070 = 0,43 km/s

Gerak lurus sendiri terdapat dua macam, yaitu gerak lurus beraturan dan gerak lurus berubah beraturan.

Gerak Lurus Beraturan (GLB)

gerak lurus beraturan pengertian gerak lurus

Gerak lurus beraturan merupakan perpindahan benda yang memiliki kecepatan tetap. Dan yang perlu dicatat adalah di dalam gerak ini tidak ada percepatan (α=0). Pada gerak lurus beraturan digunakan rumus yang sama dengan rumus kecepatan.

Rumus yang digunakan yaitu:

 v = s/t

  • v = kecepatan (m/s atau km/jam)
  • s = jarak yang ditempuh
  • t = waktu yang diperlukan

Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB)

rumus gerak lurus berubah beraturan konsep gerak lurus

Gerak lurus berubah beraturan merupakan gerak yang terjadi dilintasan lurus dengan percepatan konstan.

Dalam hal ini gerak vertikal termasuk pada gerak lurus berubah beraturan, hanya saja percepatan didapatkan dari percepatan gravitasi bumi dengan nilai 9,8 m/s2. Baca apakah gaya gravitasi itu?

Sebagai catatan, karena adanya percepatan pada gerak ini. Maka jarak yang ditempuh tidak menggunakan rumus linier, tetapi menggunakan rumus kuadratik.

Cukup mudah bukan penjelasan tentang gerak lurus? Kamu bisa menghitung kecepatan rata-rata dari rumah dan sekolah, sehingga kamu bisa memperkirakan waktu tempuh yang diperlukan.

Jadi dengan rumus di atas, kamu bisa terbebas dari hukuman akibat terlambat berangkat sekolah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *