Listrik Arus Searah

Sobat, pernahkah kamu menghubungkan alat listrik dengan menggunakan baterai atau aki? Meski tidak menggunakan listrik, baterai dan aki mampu menghantarkan listrik. Hal ini dikarenakan baterai dan aki merupakan sumber arus searah. Lalu, apa yang sobat ketahui tentang arus searah? Berikut penjelasannya.

grafik listrik arus searah, sumber listrik arus searah

Listrik Arus Searah (Direct Current)

Arus listrik searah atau yang biasa dinamakan dengan direct current atau DC merupakan aliran elektron dari potensial tinggi ke potensial rendah. Baca pengertian listrik dinamis

Aliran electron ini juga bisa disebut dengan arus yang mengalir dari arus positif menuju arus negatif.

Adanya aliran elektron inilah muncul lubang yang bermuatan positif dan mengalir dari kutub positif menuju kutub negatif.

Sekarang arus listrik searah jarang digunakan dalam kehidupan manusia. Arus listrik bolak-balik (AC) lebih mudah pemanfaatannya dibanding arus listrik searah, baik dalam penyaluran (transmisi), maupun pada pembagian tenaga listrik.

Meskipun begitu, dalam perkembangannya arus listrik bolak-balik (AC) dapat diubah menjadi arus listrik searah (DC) dengan menggunakan rangkaian power supply. Baca apakah arus listrik bolak-balik itu?

Sumber Listrik Arus Searah

Elemen Elektrokimia

Elemen elektrokomia adalah sumber arus searah dengan cara mengubah energi kimia menjadi energi listrik. Ada dua buah elemen elektrokimia, yaitu:

  1. Elemen primer: elemen yang memerlukan bahan sekali pakai. Contoh: elemen volta, elemen daniel, elemen leclanche, dan elemen kering.
  2. Elemen sekunder: elemen yang bahannya tidak memerlukan elemen pengganti setelah sumber arus digunakan. Contoh: aki. Baca reaksi yang terjadi pada aki

Generator Arus Searah

Generator DC merupakan alat untuk mengubah energi gerak menjadi energi listrik.

Generator DC menggunakan prinsip induksi elektromagnetik dengan mengubah medan magnet di sekitar kumparan kawat (energi gerak) menjadi arus listrik.

Termoelemen

Termoelemen merupakan sumber listrik arus searah karena adanya perbedaan suhu dengan mengubah energi panas menjadi energi listrik.

Semakin besar perbedaan suhunya, maka arus listrik yang dihasilkan akan semakin besar.

Solar Cell

Solar cell atau sel photovoltaic merupakan sumber arus listrik searah yang mampu menciptakan energi listrik dari sinar matahari. Contohnya adalah motor listrik tenaga surya.

Dari penjelasan di atas sobat cukup mengerti bukan tentang arus searah? Dengan adanya arus listrik searah akan mempermudah dalam membantu kehidupan sehari-hari manusia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *